All About Craft Is Here…

Crochet…


Merupakan teknik merajut dengan menggunakan jarum kait atau dalam bahasa Belanda disebut hakkpen. Kalau zaman dulu, crochet atau rajutan ini identik dengan nenek-nenek karena merekalah yang biasanya rajin membuat baju atau stola penghangat tubuh dengan teknik crochet. Kini, justru crocet dikenal para wanita sebagai tren mode yang tidak lekang dimakan zaman.

Jika dilihat dari sejarahnya. Crochet sudah dikenal sejak tahun 1500 di Italia dengan sebutan nun’s lace (renda biarawati) karenan memang para biarawati yang mengerjakan kerajinan tangan ini. Crochet kemudian menyebar luas di benua Eropa sejak tahun 1800.

Crochet juga sering disebut merenda, karena menggunakan proses membuat kain renda dari benang renda dengan menggunakan jarum kait. Kain hasil merenda memiliki pola seperti rantai yang bersambungan. Produk hasil merenda berupa benda-benda seperti kain renda untuk hiasan meja (doily), taplak meja, topi, tas, boneka, rompi, dan lainnya.

Seperti halnya merajut, teknik dasar merenda adalah memasukkan benang ke dalam simpul yang sudah ada untuk membuat simpul baru. Berbeda dari merajut, hanya ada satu lubang simpul yang terbuka sewaktu sedang merenda (kecuali jika membuat renda Tunisia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s