All About Craft Is Here…

Sulam Benang…

Teknik sulam yang paling dasar adalah teknik sulam benang, dimana teknik tusuk sulam ini bervariasi bahkan bisa sampai 50 macam tusuk sulam dasar dari tusuk rantai, tusuk silang, tusuk jelujur, dan tusuk lainnya.

Sulam benang merupakan salah satu teknik menghias kain/benda lainnya dengan cara menjahitkan benang secara dekoratif ke atas kain/benda lainnya yang akan dihias sehingga terbentuk suatu bentuk/desain baru dengan menggunakan berbagai macam tusuk hias.

Untuk menghasilkan sulaman yang baik membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas baik, termasuk pemilihan benang. Benang sulam sangat berpengaruh terhadap produk sulaman yang dihasilkan, meskipun desainnya bagus kalau disulam menggunakan benang berkualitas rendah tentu hasilnya tidak akan memuaskan. Beberapa hal yang sering dialami akibat penggunaan benang sulam yang jelek antara lain : terjadinya kelunturan, dan mudah putus sehingga kaitan bunga atau daun terlepas dari kain, hasil sulaman menjadi berbulu sehingga mengurangi keindahan textur han tampilan, warna hasil sulaman terkesan tidak cerah dan kusam. Harga benang sulam berkualitas baik tentu lebih mahal dibanding benang biasa, bisa mencapai 2-4 kali lipat harga benang biasa. Meskipun demikian, memilih untuk menggunakan benang kualitas terbaik merupakan langkah yang bijaksana, dengan pertimbangan bahwa hasil karya akan dapat dinikmati dalam waktu yang lama, selain itu juga sepadan dengan waktu yang telah digunakan untuk bekerja.

Sulam benang biasanya digunakan untuk menghias pakaian, jilbab, tas, dan lainnya. Pakaian, jilbab, tas, dan bahan-bahan lainnya yang berhiaskan kreasi sulaman tangan selalu disukai dan diburu kaum wanita. Bahkan ada yang sanggup menghabiskan uang ratusan ribu rupiah untuk membeli sehelai kain mewah berhiaskan sulaman benang hias halus.

2 responses

  1. fonny

    ass mba,
    aq lagi mulai bisnis sulam benang nih, tapi masih kesulitan beli benang sulam yg bagus ma bahan katun meteran yg dijual kiloan, dmana ya mba.
    kt nya sih dtanah abang, aq nemunya di auri, tp itu pecahan sisa garmen gt,
    Mba tau ga dmana, lg butuh bgt nih infonya, tq yaaa

    NB: penen jg nih krn foto hasil karya ku, insyAllah aq krm,🙂

    July 20, 2010 at 10:22 am

    • waalaikumsalam…
      maaf mbak… untuk info benang yang dijual kiloan siy saya kurang tau juga… palingan belinya juga selama ini untuk konsumsi pribadi…
      kalo mau kirim hasil karya… kirimin imel aja ke melania.fh@gmail.com ya mbak…. ntar iA dipajang kok hasil karyanya… apalagi kalo pake cara-cara pembuatanya… misalnyaaa… teknik tusuk apa aja yang dipake… benangnya apa aja… udah cukup kok…
      thanks ya mbak…

      September 3, 2010 at 1:45 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s