All About Craft Is Here…

Bahan Quilt…


Nahh… setelah definisi quilt

dan teknik quilt

apa saja. Sekarang bahan yang digunakan untuk quilt ya…

  1. Rotary Cutter
    Digunakan untuk memotong kain secara berlapis-lapis. Jadiii, dengan menggunakan Rotary Cutter kain yang dipotong tersebut akan mempunyai ukuran yang sama tanpa perlu memotong satu-satu.
  2. Rotary Mat
    Alas yang digunakan waktu kita memakai rotary cutter. Terbuat dari berbagai ukuran dan merek serta sudah ada grid untuk akurasi pemotongan. Sebaiknya membeli yang ukuran medium 22×12 inch merek Olfa atau Omnigrid.
  3. Rotary Ruler
    Buat mengukur kain yang ingin dipotong, harus pakai penggaris dongg. Tapii, jangan pakai penggaris yang biasa yaaaa, ada kok penggaris khusus sehingga pemotongannya bisa akurat. Di penggaris ini ada tanda-tanda ukuran hingga 1/8 pecahan. Sebaiknya membeli yang ukuran 6 x 12 inch merek Omnigrid yaaa…
  4. Mesin Jahit
    Buat menyambung kain-kain tersebut bisa dijahit pakai tangan dengan menggunakan teknik jahit tindas (quilts) lho. Cumaaaa… lamanya ituu yang ga nahan🙂. Tapiii, dari segi keindahan dan kerapian siy jelas menang yang pake tangan yaaa. Nah kalo mau cepet, pake mesin jahit aja. Ada siy mesin jahit yang khusus dipake untuk menjahit quilt… tapiii gambarnya lihat di postingan berikutnya aja yaaa. Kalo pake mesin jahit biasa?… bisa kok yang penting telaten aja.
  5. Dakron
    Ingin quilt tampak hangat, tebal, dan kayak-kayak 3D gitu? ^_^. Pake dakron aja. Kadang jika ingin membuat selimut, sering digunakan dakron agar selimut tambah hangat.
  6. Setrika
    Biasanya digunakan untuk merapikan hasil quilt sebelum digabung menjadi quilt yang lebih besar lagi
  7. Jangan lupa juga peralatan standar lainnya yaaa, seperti gunting, benang, jarum pentul, setrika
    Yah… namanya juga berkreasi dengan prakarya kain lah ya… pastiiii yang namanya gunting, benang, dan jarum pentul itu selalu siap sedia



Sippp… semuanya udah sedia?… sekarang tinggal bikin quilt deee… hmmm… masih bingung pake teknik apa?… ntarr deee… tunggu postingan berikutnya aja yaaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s