All About Craft Is Here…

Jarum Rajut…


Jarum, jelass sangat diperlukan buat kegiatan jahit ato rajut. Nah, jarum rajut itu adalah alat yang digunakan sewaktu merajut benang dengan tangan untuk menghasilkan kain rajutan.
Jarum Rajut tentu beda dong dengan jarum jahit. Bahkan jarum rajut crochet dengan jarum rajut knit itu bedaa bangeet lho.
Kalo jarum jahit kan lubang di ujungnya tuh, buat masukin benangnya. Nahh.. kalo jarum crochet itu ada pengait di ujungnya yang digunakan untuk menarik benang melewati lubang tusukan, makanya dalam bahasa belanda jarum crochet itu sering disebut hakpen.
Bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuat jarum crochet ini bermacam-macam lho, dari logam, plastik, atau kayu.Dan ukuran jarum crochet ini juga bermacam-macam, dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Tentu saja, penggunaan ukuran jarum rajut ini tergantung dari ketebalan benang yang kita gunakan dan proyek yang akan kita buat. Jika kita membuat doily, atau renda tentu saja menggunakan jarum rajut ukuran kecil dan benang dengan ketebalan yang tipis. Sebaliknya, jika kita membuat sweater atau syal kita menggunakan jarum rajut ukuran besar dan benang dengan ketebalan yang besar.



Sedangkan jarum knit itu bentuk paling umumnya berupa batang panjang yang meruncing pada salah satu ujungnya, namun tidak seruncing jarum jahit lho.
Batang jarum rajut yang panjang “memegang” sederetan tusukan yang sudah jadi namun masih bebas, dan menjaganya agar tidak terlepas. Batang jarum yang runcing dipakai untuk membuat tusukan baru. Tusukan baru dibuat dengan cara memasukkan ujung jarum yang runcing ke dalam lubang tusukan yang masih bebas hingga tercipta lubang tusukan baru yang sekaligus mengikat tusukan sebelumnya.
Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran berdasarkan diameter dan panjang jarum. Ukuran jarum rajut yang dipakai disesuaikan dengan tebal benang yang ingin dirajut. Besar tusukan baru umumnya ditentukan oleh diameter jarum rajut yang dipakai. Tusukan berukuran besar dibuat dengan jarum bernomor besar, sementara tusukan berukuran kecil dibuat dengan jarum bernomor kecil. Panjang jarum rajut juga menentukan jumlah tusukan bebas yang dapat dipegang oleh sebuah jarum.
Jarum knit juga ada yang berbentuk melingkar sehingga tidak mudah lepas dari “pegangan” jarum satunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s