All About Craft Is Here…

Paper Model…


Paper model sering juga disebut sebagai card model atau papercraft. Merupakan model yang dibangun terutama dari kertas tebal, atau karton. Dan biasanya sering dikategorikan dalam origami dan pemodelan kartu. Origami adalah proses pembuatan model kertas dengan melipat kertas tanpa menggunakan lem. Card model membuat model skala dari lembar cardstock yang beberapa bagiannya dicetak. Potongan-potongan ini akan dipotong, dilipat, ditandai dan direkatkan. Umumnya lebih populer di Eropa dan Jepang daripada di Amerika Serikat.
Kadang-kadang potongan-potongan model dapat menekan keluar. Lebih sering dicetak bagian harus dipotong. Bagian tepi sering ditandai untuk membantu dalam melipat. Bagian ini biasanya direkatkan dengan lem polivinil asetat (“lem putih” “PVA”). Untuk model ini biasanya sebelum diipat/dikerjakan sudah dicetak/diwarnai terlebih dahulu, sehingga ketika selesai dikerjakan tidak perlu lagi didekorasi. Beberapa penggemar dapat meningkatkan seni paper model ini dengan lebih banyak dekorasi dan detail. Karena sifat media kertas yang tidak tahan lama, paper model ini dapat dilapisi dengan pernis untuk bertahan lebih lama.


Karena pola papercraft dapat mudah dicetak dan dirangkai, Internet telah menjadi sarana pertukaran yang populer. Perusahaan komersial baru-baru ini mulai menggunakan papercraft yang dapat didownload untuk pemasaran mereka (contoh adalah Yamaha dan Canon).
Ketersediaan berbagai paper model di Internet dan kemudian dapat di-download dan dicetak pada printer inkjet murah telah menyebabkan popularitas lagi untuk meningkatkan seluruh dunia. Dapat dicetak di rumah juga memungkinkan paper model untuk lebih ditingkatkan dan lebih mudah (misalnya, untuk membuat dua paper model dari pengarang yang berbeda, dalam skala yang berbeda, cocok satu sama lain dalam ukuran), meskipun berat kertas mungkin perlu disesuaikan dengan rasio yang sama .
Peralatan yang murah tersedia pada penerbit khusus (kebanyakan berbasis di Eropa Timur; contoh termasuk Halinski dan Maly Modelarz, sebagian dari katalog yang berumur dari 1950. penggemar berpengalaman sering membangun kembali paper model, baik dari tangan pertama atau menggunakan perangkat lunak seperti Adobe CAD ilustrator dan. perangkat lunak CG, seperti Rhino 3D, 3DS Max. Perangkat lunak seperti Pepakura Designer dari perangkat lunak Tama dan Waybe, dapat digunakan untuk mengubah komputer menjadi model 3D yang dapat dicetak dua-dimensi template untuk perakitan. Karena itu, ada adalah sejumlah besar model yang tersedia umumnya kapal, mobil, pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, bangunan, dan hewan. Dalam beberapa tahun terakhir, mata pelajaran Jepang, seperti Gundam dan tokoh-tokoh anime, telah menjadi subyek umum di papercraft.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s